Jumat, 01 Mei 2015

Cipanas Cileungsing

                   Sekilas Cipanas Cileungsing
Pemandian air panas Cileungsing Buahdua Sumedang terletak di desa Cilangkap Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Pemandian air panas Cileungsing sering disebut Cipanas Cileungsing Buahdua. Cipanas Cileungsing berada di kaki gunung Tampomas sebelah utara kota Sumedang.

Di daerah ini banyak sekali muncul air panas lebih dari 10 titik, tetapi yang letaknya dipinggir jalan dan debit airnya cukup tinggi yaitu Cipanas Cileungsing Buahdua dan Cipanas Conggeang. Beda dengan pada umumnya pemandian air panas, Cipanas Cileungsing debit airnya kurang lebih 50 liter perdetik dan rasanya panas sekali. Panasnya panas asli bukan panas buatan dan terbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk mengobati sakit kulit dan reumatik.
Cipanas Cileungsing ini paling ramai dikunjungi pada hari-hari libur dan lebih ramai lagi adalah pada Hari Raya Idul Fitri (lebaran). Ribuan wisata datang dari berbagai kota dan yang paling banyak mengunjungi adalah dari Karawang, Subang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Maka jangan heran hibura yang ditampilkan pada hari lebaran tersebut adalah music tarling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar